Selasa, 11 September 2012

Praktek Demokrasi Di SMAN 1 Toroh Grobogan

Banyak cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan pemahaman praktek demokrasi bagi siswa-siswi SMA. Salah satunya yang dilakukan dalam pemilihan Ketua OSIS di SMA Negeri 1 Toroh, Grobogan.
Pendaftaran pemilih, pembentukan panitia penyelenggara, pencalonan, kampanye, pengadaan logistik, pemungutan dan penghitungan suara serta penetapan calon terpilih diselenggarakan oleh Dewan Pemilihan Umum (DPU) pada Pemilihan Ketua Osis SMA Negeri 1 Toroh. Pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 22 Juli 2012, yang diikuti oleh 790 pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) terdiri dari siswa, karyawan, dan guru SMA N 1 Toroh.

Mirip Pemilukada
Tahapan yang dilaksanakan mirip dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) Grobogan difasilitasi oleh KPU Kabupaten Grobogan, yang membawa misi untuk memberikan pendidikan pemilih.
Menurut anggota KPU Grobogan Afrosin Arif, “Pelaksanaan pemilihan Ketua Osis SMAN 1 Toroh tersebut memang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Grobogan” ujarnya. Sehingga pelaksanaannya pun dibuat sedemikian rupa mirip dengan pelaksanaan Pemilukada.
Lebih lanjut Afrosin menjelaskan, dalam Pemilihan Ketua Osis di SMA Negeri 1 Toroh,  ada pendaftaran pemilih, ada Ketua Dewan Umum (DPU), petugas, bilik suara dan surat suara yang hampir sama saat penyelenggaraan Pemilukada.
“KPU sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, sehingga dari awal selalu memberikan perhatian dan pengarahan karena kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan pemilih. Sehingga diharapkan kedepannya mereka bisa menjadi pemilih yang cerdas,” jelas Afrosin saat mendampingi pelaksanaan Pemilu Ketua OSIS SMAN 1 Toroh kemarin.
Pemilihan Ketua OSIS diikuti oleh empat orang calon yang telah melalui tahapan pendaftaran, penelitian berkas administrasi persyaratan calon, penetapan calon, dan pengundian nomor urut calon. Pelaksanaan kampanye terbuka dilakukan pada saat upacara bendera sehingga semua calon memaparkan visi dan misinya dihadapan seluruh guru, karyawan dan siswa dengan waktu yang diatur sama untuk semua calon. Sebanyak 671 pemilih (85%) menggunakan hak pilih, dan 119 pemilih (15%) tidak menggunakan hak pilihnya. Surat suara tidak sah sebanyak 23 suara. Sementara calon terpilih sebagai ketua OSIS SMAN 1 Toroh yaitu, Wahyu Utomo dengan 286 suara. (KPU Grobogan/Supri/aep)http://kpu-jatengprov.go.id/index.php

1 komentar:

  1. Bagus pak lanjutkan.
    Kunjungin juga nih web alumni SMA N 1 TOROH
    http://www.smansator.com/

    BalasHapus